Mahasiswa prodi Tadris Fisika IAIN Tulungagung terlibat aktif pelatihan mitigasi bencana tsunami dan abrasi yang dibina oleh dosen tadris fisika, Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. melibatkan beberapa mahasiswa yakni Maya Dewi ANggraeni, Nurfiqi Ilmia dan Mohammad Yunus.

Mitigasi bencana tsunami dan abrasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko akibat bencana tsunami dan abrasi. Masyarakat perlu mengetahui hal ini karena Indonesia rawan bencana. Mitigasi pada umumnya dilakukan dalam rangka mengurangi kerugian akibat kemungkinan terjadinya bencana, baik itu korban jiwa dan/atau kerugian harta benda yang akan berpengaruh pada kehidupan dan kegiatan manusia. Namun perlu diketahui bahwa kegiatan mitigasi ini seharusnya sudah dilakukan dalam periode jauh-jauh hari sebelum terjadinya bencana.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada mahasiswa agar memiliki persiapan mengahadapi tsunami dan abrasi, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif pada kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, Mahasiswa tadrsi fisika juga mengajak masyarakat  untuk melestarikan dan menjaga kebersihan wilayah perairan di Indonesia.

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si, jadi sebelum mahasiswa tadris fisika terjun, diberikan pelatihan terlebih dahulu dan arahan terkait terselenggaranya acara tersebut. Sebagai bukti kerja nyata di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *