Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung terlibat aktif dalam pelatihan dan pendampingan diversifikasi produk berbahan dasar Murbei yang dibina oleh Eny Setyowati. Mahasantri begitu senang bisa dengan kegiatan ini.

Tanaman murbei adalah tanaman umum yang hampir ada di pekarangan rumah warga, khususnya warga di desa atau perkampungan. Tanaman ini mudah di dapat, mudah dibudidayakan dan mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan. Daun murbei merupakan pakan yang baik bagi kokon ulat sutera sedangkan buahnya dapat digunakan sebagai sirup dan produk pangan yang lain. Selain itu tanaman murbei juga sangat baik untuk kesehatan.

Di jaman dunia tanpa batas segala tindakan atau perilaku seperti tak terkontrol. Seringkali tindakan yang melanggar moral terjadi di masyarakat, sehingga mengakibatkan mengganggu kecemasan, ketegangan dan ketakutan di masyarakat. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan moral khususnya bagi remaja adalah melalui pondok pesantren, tak terkecuali dengan IAIN Tulungagung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *